Cara Menghitung Total Kata pada Excel

posted on 19 May 2015 10:41 by infoteknoblog
Bila kita ingin mengira-ngira berapa jumlah kata yang sudah kita tuliskan pada Ms. Word, tentu caranya sederhana saja sebab sudah ada pengaturannya di sana. Kita tinggal masuk ke menu Tools lalu pilih Word Count, maka dari jumlah kata sampai nominal karakter atau larik langsung bisa muncul.

Tapi bagaimana cara kita menghitung nominal kata pada Ms. Excel?

Menghitung banyak kata pada Ms. Excel bisa dibilang gampang-gampang susah, karena tidak disediakan kegunaan atau rumus guna itu. Satu-satunya kegunaan yang “mirip” kegunaannya adalah fungsi LEN. Namun fungsi tersebut hanya menghitung total karakter, bukan omongan.



Sebenarnya tips kesempatan ini tidak penting-penting amat. Apa perlunya, buktikan, menghitung jumlah pertuturan pada excel? Olehkarena itu itu Anda tak perlu mempelajarinya, sebab tips kali ini seharga sekedar untuk menuntungkan rasa ingin ketahui saya saja. Namun tetep harus komen ya! *Maksa. com.

Untuk dapat cara menggunakan microsoft excel memikirkan jumlah kata dengan sudah kita ketikkan pada excel, aku membutuhkan beberapa “komponen” pendukung. Selain LEN, komponen yang abdi maksudkan itu ialah: SUBSTITUTE dan TRIM. Kegunaan masing-masing mulai fungsi ini adalah sebagai berikut:

LEN, seperti yang sungguh saya singgung pada atas, fungsinya adalah untuk menghitung jumlah karakter. Dan yang disebut ‘karakter’ tersebut adalah setiap apa pun yang kita ketikkan pada papan keyboard kita.

SUBSTITUTE, di dalam masalah kali ini digunakan untuk merubah pada setiap tanda baca jadi spasi. Jadi setelah setiap ada tempat baca, (misalnya koma, titik, dsb. ) akan kita ubah menjadi spasi terlebih dahulu. Sebenarnya manfaat ini tidak demi kita gunakan jika cara kita menulis sudah benar setara EYD. Sebagai misal, sebelum tanda koma tidak perlu mengenakan spasi, setelah tilas koma harus memakai spasi, dll.

TRIM, fungsinya untuk mendepak spasi yang pekat. Diantara satu pertuturan dengan kata berikutnya hanya perlu satu spasi, namun sekali-sekali kita keseleo jempol sehingga kita mengunci spasi dua kali. Misalnya, kita menulis ’saya(spasi)(spasi)pergi’, maka dengan TRIM kalimat tersebut hendak berubah menjadi ’saya(spasi)pergi’.

Comment

Comment:

Tweet

What's up to all, how is everything, I think every one is getting more from this web page, and your views are fastidious for new people.

#3 By What's up to all, how is everything, I think every one is getting more from this web page, and your views are fastidious for new people. (23.95.246.155|23.95.246.155) on 2015-05-26 06:54

Heya i'm for the first time here. I came across this board and I to find It really helpful & it helped me out much. I hope to offer one thing again and help others like you helped me.

#2 By Heya i'm for the first time here. I came across this board and I to find It really helpful & it helped me out much. I hope to offer one thing again and help others like you helped me. (192.198.114.118|192.198.114.118) on 2015-05-24 09:45

Someone essentially assist to make severely posts I'd state. That is the very first time I frequented your web page and so far? I surprised with the analysis you made to make this particular publish amazing. Wonderful job!

#1 By Someone essentially assist to make severely posts I'd state. That is the very first time I frequented your web page and so far? I surprised with the analysis you made to make this particular publish amazing. Wonderful job! (158.222.13.111|158.222.13.111) on 2015-05-24 03:28